Reportase MATAF HI UMY 2011

MATAF (Masa Taaruf) merupakan agenda tahunan untuk menyambut mahasiswa baru di kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. KOMAHI UMY sebagai penyelenggara MATAF Jurusan HI UMY mengangkat tema “Be the Best, Be Different, and be Confident” untuk pelaksanaan MATAF HI UMY tahun 2011 ini.

Acara MATAF HI UMY tahun ini dilaksanakan tanggal 10 September 2011, pelaksanaan ini serentak dengan MATAF Jurusan lainnya pada civitas akademik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Pukul 05.30 WIB, dimulai dengan persiapan MABA HI UMY di depan Lobi FISIPOL untuk menuju tempat dilangsungkannya kegiatan MATAF.

Pukul 07.00 WIB, MABA HI UMY mulai berjalan beriringan menuju Ruang Sidang Ar-Fachruddin B Lt. 5. Di ruang sidang Ar-Fachruddin peserta disambut oleh adicoro Ahmad Chanifuddin yang mempersilahkan peserta menempati posisi yang telah disediakan. Setelah seluruhnya MABA HI UMY telah memasuki ruangan, peserta disambut lagi dengan penampilan tari kreasi baru dari Jogja yakni Merak Ngigel yang ditampilkan oleh Dyah Eka Sari dan Dwi Nurlaila Fitria dari pengurus KOMAHI UMY.

Penampilan tari dari Dyah dan Dwi Nurlaila mendapatkan tepuk tangan yang antusias dari peserta. Acara dilanjutkan dengan pembukaan oleh MC. Untuk kegiatan kali ini, MC dibawakan oleh Achmad Zulfikar dan Dhana N. Kotahatuhaha yang akan memandu jalannya acara hingga selesai. Pembacaan basmalah menandai dimulainya acara MATAF HI UMY 2011.

Agenda pertama kegiatan ini adalah sambutan dari saudari Febri Diniawati selaku ketua panitia MATAF HI UMY 2011, dalam sambutannya Febri menyampaikan ucapan terima kasihnya atas antusiasme MABA HI UMY untuk menghadiri acara MATAF yang sengaja dirancang untuk MABA, agar MABA semakin mengenal dengan jurusan yang akan ditekuninya selama kurang lebih 3,5 tahun.

Selanjutnya adalah sambutan dari saudara Hadi Sutrisno selaku ketua KOMAHI UMY periode 2010/2011 sekaligus memukul gong sebagai tanda diresmikannya acara MATAF HI UMY 2011. Sambutan dari Hadi ini menitikberatkan pada semangat dan konsistensi MABA dalam berkuliah di UMY, serta senantiasa mengingat akan amanah yang diemban MABA yang berasal dari luar Yogyakarta untuk serius berkuliah.

Setelah sambutan dan peresmian acara, kegiatan dilanjutkan dengan yel-yel dari peserta. Seperti yang telah diberitahukan sebelum hari pelaksanaan, bahwa tiap delegasi akan menampilkan yel-yel pada saat acara. Dan dari yel-yel terbaik akan mendapatkan penghargaan sebagai “Most Different”. Satu per satu delegasi menampilkan yel-yelnya di depan delegasi lainnya. Tak jarang yel-yel tersebut mengundang gelak tawa dari peserta. Untuk sesi yel-yel ini, peserta hanya diberikan waktu maksimal 3 menit per delegasi.

Setelah penampilan yel-yel dari seluruh delegasi, acara dilanjutkan dengan perkenalan jurusan HI. Sesi kali ini langsung dibawakan oleh bapak Dr. Ali Muhammad, M.A. selaku ketua Jurusan Hubungan Internasional UMY. Di awal presentasi pak Ali, mulai memperkenalkan dosen-dosen pengajar di HI UMY. Saat ini HI UMY memiliki 3 orang bergelar Professor, 3 orang doktor, 3 orang kandidat doktor, dan dosen-dosen lainnya bergelar minimal Strata 2. Di akhir sesi presentasi, pak Ali menampilkan pembagian DPA (dosen pembimbing akademik) untuk masing-masing mahasiswa. Sosialisasi DPA ini dianggap penting, karena kedepannya dosen yang ditunjuk sebagai DPA untuk mahasiswa, akan menjadi fasilitator bagi mahasiswa yang menghadapi kendala akademik.

Presentasi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, pada sesi ini mahasiswa dapat mengajukan pertanyaan seputar jurusan HI UMY. Pertanyaan yang menjadi primadona dari tahun ke tahun adalah “Apa prospek kerja dari jurusan HI pada umumnya, khususnya HI UMY ?”. Sebenarnya ranah kerja HI sangatlah luas, alumni dari HI UMY dapat bekerja di segala bidang. Baik itu perdagangan, penyiaran, politisi, dan masih banyak lagi. Namun prospek spesifiknya adalah diplomat maupun staff di Kementrian Luar Negeri.

Setelah sesi perkenalan jurusan dan tanya jawab seputar jurusan HI UMY. Acara dilanjutkan dengan presentasi paper yang telah dibuat oleh masing-masing delegasi. Untuk mengetahui kesiapan seluruh anggota dalam delegasi, maka perwakilan delegasi untuk mempresentasikan papernya telah diacak oleh panitia. Sehingga siap atau tidak, peserta yang dipanggil namanya yang mewakili delegasinya mempresentasikan papernya. Untuk sesi presentasi ini, delegasi dengan paper yang telah diterima panitia dan presentasi yang dibawakan terbaik, maka akan mendapatkan gelar “The Best”. Dengan kriteria penilaian 50% untuk paper dan 50% untuk presentasi. Akhirnya satu per satu delegasi mempresentasikan papernya, dengan durasi waktu maksimal 7 menit termasuk tanya jawab dengan orang yang mempresentasikan paper tersebut.

Pukul 12.15 WIB, acara memasuki waktu istirahat, sholat, sekaligus makan siang. Dan kemudian acara akan dilanjut kembali pada pukul 13.10 WIB. Setelah istirahat, MC kemudian kembali memandu acara. Acara selanjutnya adalah quiz, dan performance dari MABA. Pada sesi performance (penampilan) bakat dari MABA ini, ternyata banyak MABA yang masuk ke jurusan Hubungan Internasional membawa segudang bakat yang tentunya dapat digunakan sebagai ciri khas. Dan dari bakat tersebutlah yang akan membuat satu orang dan orang lain itu berbeda. Berbagai pertanyaan dalam bentuk quiz pun diajukan kepada MABA, adapun pertanyaan tersebut berasal dari materi yang dibawakan sebelumnya oleh bapak Ali Muhammad, serta dari buku panduan akademik jurusan HI UMY.

Acara yang ditunggu-tunggu adalah penyampaian materi oleh bapak H.M. Amien Rais, namun sayangnya beliau tidak dapat hadir karena sedang ada urusan yang penting pada waktu itu. Akhirnya materi dibawakan oleh bapak Bambang Wahyu Nugroho dengan moderator bapak Adde M. Wirasenjaya. Materi yang dibawakan adalah “Achievment Motivation Training” merupakan materi motivasi akademik untuk mahasiswa baru, serta meningkatkan semangat untuk menjalani kuliah kedepannya. Materi ini dibawakan hingga pukul 15.30 WIB. Materi ini diakhiri dengan pembacaan doa oleh bapak Bambang, dengan harapan agar doa ini diijabah oleh Allah SWT dan melancarkan perkuliahan dalam rentang waktu 3,5 tahun kedepan.

Acara selanjutnya adalah istirahat dan sholat,namun sebelum istirahat MABA diminta untuk mengumpulkan alat tulis untuk disumbangkan kepada yang berhak. Setelah istirahat dan shalat ini, acara dilanjutkan kembali dengan penutupan. Namun sebelum itu rupanya ada salah satu MABA yang berulangtahun tepat pada hari itu, sehingga pemandu dan panitia memberi kejutan kepada yang berulangtahun.

Dan akhirnya sampailah pada acara penutupan, dan MC mengumumkan kategori “The Best” yang diberikan kepada delegasi Arab Saudi, serta kategori “Most Different” yang diberikan kepada delegasi India. Dan dua penghargaan dengan kateogri “Most Confident” diberikan kepada MABA secara individu dengan kriteria penilaian dari panitia adalah kelengkapan, dan keaktifan mengikuti kegiatan MATAF. Dan akhirnya diberikan kepada Maulana Najmudin dari delegasi Mesir, serta Siti Hardiyanti Oktavia O. dari delegasi Turki.

Selain sebagai “Most Confident”, Maulana juga mendapatkan amanah sebagai Ketua Angkatan Mahasiswa HI UMY 2011 yang diumumkan langsung oleh ketua umum KOMAHI UMY saudara Hadi Sutrisno. Acara diakhiri dengan salam-salaman antara panitia dan peserta, dilanjutkan dengan sesi foto.

Tentunya harapan kami selaku panitia MATAF HI UMY 2011, kegiatan yang kami laksanakan ini memberi kesan positif kepada MABA, karena tidak dapat dipungkiri seringkali kegiatan orientasi semacam ini di luar sana menjadi momok bagi mahasiswa baru. Namun kami membuktikan bahwa kegiatan orientasi bukan untuk menyiksa, melainkan untuk memperkenalkan lebih jauh mengenai jurusan maupun antar-mahasiswa itu sendiri. (fikar)

Foto – Foto seputar MATAF HI UMY 2011 ..
MATAF HI UMY (Persiapan) on Facebook
MATAF HI UMY 2011 (Main Event) on Facebook

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s