Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh Mengundurkan Diri

Yaman, IRs News – Presiden Yaman, Ali Abdullah Saleh, mengumumkan akan meninggalkan kekuasaannya dalam beberapa hari mendatang. Saleh berencana untuk mundur setelah sembilan bulan proses melawan kekuasaan 33 tahun itu.

“Saya menolak kekuasaan dan akan terus menolaknya, saya akan meninggalkan kekuasaan dalam beberapa hari mendatang,” kata Saleh dalam pidato di sebuah televisi negara, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu 8 Oktober 2011.

Sementara Saleh telah memutuskan mundur, namun pihak oposisi dan partai berkuasa masih mencari formula untuk mencari kesepakatan transisi kekuasaan. “Saya meminta para pendukung saya untuk bertahan dan menghadapi tantangan apapun,” kata Saleh.

Protes terhadap pemerintahan Saleh telah melumpuhkan di Yaman. Protes ini terjadi karena sejumlah bagian negara mulai mendukung ketakutan sayap Al Qaeda dengan cara menggunakan pergolakan dan memperluas pijakan rute pengiriman melalui Laut Merah.

Saleh sebenarnya telah tiga kali mundur dari penandatanganan kesepakatan yang dimediasi oleh kekuasaan transisi. Pihak oposisi sendiri mengatakan pemerintah sudah melakukan negosiasi setelah Saleh kembali dari Arab Saudi, tempat dimana ia pergi untuk perawatan setelah terjadi percobaan bunuh diri. (adi)

Minggu, 9 Oktober 2011, 00:12 WIB
sumber : http://dunia.vivanews.com/news/read/253877-presiden-yaman-mengundurkan-diri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s