HI UMY Finalis Diskusi Ilmiah PNMHII XXIII

Pelaksanaan acara tahunan mahasiswa Hubungan Internasional se-Indonesia yang dikenal dengan sebagai PNMHII XXIII (Pertemuan Nasional Mahasiswa Hubungan Internasional se-Indonesia ke-23) merupakan kegiatan mahasiswa HI se-Indonesia yang tergabung dalam FKMHII (Forum Komunikasi Mahasiswa Hubungan Internasional Indonesia).

Acara ini akan berlangsung selama 5 hari yakni: 19 – 23 November 2011 dan diselenggarakan di Universitas Katolik Parahyangan Bandung. Tahun ini kegiatan PNMHII XXIII mengusung tema “Global Strategies in Managing Disaster : Mitigating Potential Damages“.

Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan sebagai rangkaian dari acara PNMHII XXIII antara lain: Short Diplomatic Course dengan tema Maintaining Sustainable Efforts for Disaster Management: Bringing Frameworks into Actions yang akan dilaksanakan di Gedung Merdeka (Gedung Konferensi Asia Afrika Bandung); Seminar tentang Mitigasi Bencana dengan pembicara dari perwakilan Kementrian Luar Negeri, Bina Masyarakat Peduli, dan OXFAM; Diskusi Ilmiah; Workshop dengan pembicara dari LSM Habitat for Humanity serta perwakilan dari OXFAM; Joint Statement Forum dengan tema Indonesia’s Efficiency in Immediate Response toward Disaster; serta Sidang Forum FKMHII.

Pada penyelenggaraan PNMHII XXIII tahun ini akan diikuti 28 Universitas anggota FKMHII yakni: Wilayah 1: Univ. Riau, Univ. Andalas, Univ. Megou Pak Tulang Bawang Lampung; Wilayah 2: UPH, Univ. Paramadina, Univ. Al-Azhar Indonesia, UIN Syarif Hidayatullah, President University, Univ. Jayabaya, Univ. Indonesia, Univ. Prof. Dr. Moestopo; Wilayah 3: Univ. Komputer Indonesia, Univ. Padjajaran, Univ. Katolik Parahyangan, Univ. Jenderal Ahmad Yani; Wilayah 4: Univ. Muhammadiyah Yogyakarta, Univ. Gadjah Mada, Univ. Wahid Hasyim, Univ. Respati Yk, UPN Veteran Yk, Univ. Slamet Riyadi; Wilayah 5: Univ. Mulawarman; serta Wilayah 6: Univ. Muhammadiyah Malang, Univ. Brawijaya, Univ. Udayana, Univ. Jember, Univ. Airlangga.

Dari serangkaian acara yang akan dilaksanakan pada saat PNMHII XXIII, kegiatan Diskusi Ilmiah merupakan kegiatan ilmiah mahasiswa yang mengharuskan peserta membuat karya tulis kemudian melalui proses seleksi, lalu dipresentasikan pada saat kegiatan diskusi ilmiah. Tema karya tulis yang dibuat oleh masing-masing delegasi universitas telah dibagi berdasarkan wilayah yakni:

Wilayah 1 : International Displaced Persons (IDPs)
Wilayah 2 : Aid Management
Wilayah 3 : Regional Disaster Bodies and Programs
Wilayah 4 : Refugees and Emergency Management
Wilayah 5 : Disaster Management Law in Disaster-prone Countries
Wilayah 6 : Post-diaster Economic Relief

Masing-masing delegasi universitas kemudian membuat karya tulis sesuai dengan tema, lalu dikirimkan selambat-lambatnya 1 November 2011, dan finalis karya tulis diumumkan pada 12 November 2011 melalui webiste PNMHII XXIII yang beralamat di http://pnmhiiunpar.co.cc. Dan Alhamdulillah, karya tulis mahasiswa HI UMY menjadi salah satu dari enam finalis yang akan mempresentasikan hasil karyanya dalam diskusi ilmiah. Adapun keenam finalis tersebut antara lain: UGM, UI, Univ. Katolik Parahyangan, UMY, Univ. Paramadina, dan UPH.

Screenshot Finalis Diskusi Ilmiah:

Adapun delegasi HI UMY yang akan membawakan karya tulis dalam diskusi ilmiah adalah Dhana N. Kotahatuhaha dan Witari Fadillah. Delegasi ini mengangkat karya tulis yang menggambarkan kondisi pengungsi di Indonesia dalam studi kasus di kota Ambon. Tentunya kami mengharapkan do’a dari pembaca sekalian agar kami menjadi juara dalam kompetisi tersebut. (Fikar)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s