Sejumlah Kesuksesan Keketuaan ASEAN 2011

Seluruh rangkaian KTT ke-19 ASEAN dan KTT terkait lainnya yang berlangsung selama lebih dari sepekan di Bali telah ditutup oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sore ini (19/11). Dalam pidato penutupan, Presiden menegaskan bahwa ASEAN di bawah keketuaan Indonesia 2011 telah torehkan sejumlah kemajuan. “Para pemimpin ASEAN telah menyepakati peta ke depan komunitas ASEAN melalui Bali Concord III,” jelasnya.

Terdapat titik temu dalam mengelola isu Laut China Selatan dan perundingan ASEAN dengan negara-negara pemilik senjata nuklir guna mendorong aksesi terhadap Traktat Kawasan Bebas Senjata Nuklir.

Dalam konteks kawasan yang lebih luas, Presiden menuturkan, untuk pertama kalinya AS dan Rusia berpartisipasi dalam forum KTT Asia Timur.

Presiden juga mencatat adanya kemajuan dalam 3 prioritas Keketuaan Indonesia di ASEAN. Pertama, terus terpeliharanya stabilitas dan keamanan di kawasan. Kedua, penguatan kesejahteraan ASEAN yang dicapai melalui bergulirnya konektifitas ASEAN dan kerjasama dengan mitra-mitranya. Ketiga, peningkatan keterlibatan masyarakat dalam kegiatan ASEAN yang lebih people centered.

Dalam jumpa pers usai acara penutupan, Presiden menjelaskan upaya-upaya Indonesia di forum KTT Asia Timur. “Indonesia mendorong upaya memperkuat forum ini tatkala ekonomi global mengalami goncangan,” tutur Presiden di hadapan media nasional dan asing.

Berikutnya, membangun landasan dan tindakan nyata dalam mengatasi tantangan non-tradisional seperti ketahanan pangan dan perubahan iklim. Forum tersebut juga diarahkan untuk memperkuat upaya menanggulangi bencana alam secara efektif.

Terakhir, Presiden menekankan kebersamaan negara-negara peserta KTT Asia Timur dalam menciptakan kawasan yang aman, stabil dan tertib yang dapat mendorong pembangunan ekonomi dan kesejahteraan.

Kamboja menjadi Ketua ASEAN 2012

“Mengusung tema keketuaan “ASEAN: One Community, One Destiny”, Kamboja akan memastikan diteruskannya 3 pilar Komunitas ASEAN,” kata PM Hun Sen setelah menerima palu keketuaan ASEAN dari Presiden SBY.

Diakuinya bahwa sentralitas ASEAN semakin menguat di bawah keketuaan Indonesia. PM Hun Sen menegaskan akan lebih memperkuat keberhasilan-keberhasilan tersebut.

Selanjutnya, disampaikan 6 prioritas yang ingin dicapai sepanjang 2012. Pertama, melanjutkan upaya membangun Komunitas ASEAN yang rule-based dan people-driven. Kedua, menggulirkan peta jalan ke depan 2009-2015 mengenai Komunitas ASEAN. Ketiga, memastikan pelaksanaan rencana aksi Initiative for ASEAN Integrity (IAI) 2009-2015.

“Berikutnya, meningkatkan pelaksanaan cetak biru 3 pilar. Meningkatkan upaya bersama mewujudkan Komunitas ASEAN pasca 2015. Dan terakhir, kemajuan kerjasama ASEAN dengan mitra-mitranya dan forum-forum lainnya,” tambah PM Hun Sen.

Disampaikan pula rencana penyelenggaraan KTT ke-20 di Phnom Penh yang akan digelar pada 6-7 April 2012. (sumber: konferensi pers/sesi penutupan/Yo2k)

sumber: http://www.kemlu.go.id/Pages/News.aspx?IDP=4318&l=id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s