Lulusan HI Banyak Pilihan Profesi

Lulusan Hubungan Internasional (HI) selama ini hanya diasosiasikan dengan profesi Diplomat. Padahal lulusan HI memiliki prospek untuk berkiprah di berbagai sektor, dan disinilah nilai tambah bagi mahasiswa HI dibandingkan jurusan lain.
Hal ini diungkapkan Dosen HI UMY Sugeng Riyanto, S.IP., M.Si. saat menyampaikan materi “Bersaing di Era Globalisasi: Sebuah Siraman Motivasi” pada acara International Relations Goes To School (IROS) 2012  “Get Your Future with IR!” di SMA Negeri 8 Yogyakarta. Turut menjadi pembicara dalam kegiatan ini Anggita Gumilar, S.IP. sebagai Perwakilan Kementrian Luar Negeri, Ratih Herningtyas sebagai Dosen HI UMY, S.IP., M.A., serta M. Kiki Wachid Purnomo, S.IP, dan Harits Dwi Wiratma, S.IP. sebagai Alumni HI UMY. Kegiatan ini juga dilangsungkan di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta, Rabu (22/02).   
Sejalan dengan Sugeng, Harits mengungkapkan bahwa lulusan HI UMY seyogyanya tidak hanya berorientasi pada satu sasaran saja, melainkan kita dapat membidik banyak sasaran.

“Seyogyanya lulusan HI UMY tidak hanya berkeinginan satu yakni untuk masuk dalam jajaran Kemenlu RI, namun juga memiliki sasaran yang lain untuk dicapai. Yakinlah pada kemampuan diri kalian, karena lahan untuk lulusan HI itu sangat luas,” ungkapnya.

Sebagai perwakilan dari Kemenlu RI Anggita memaparkan presentasi “Apa itu Diplomat?”, hal ini menjadi penting untuk diketahui mengingat pemahaman siswa terhadap arti kata ‘diplomat’ ini harus diluruskan.

“Perlu kita ketahui bahwa kata ‘diplomat’ itu harus dipahami sebenar-benarnya, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman di tengah masyarakat,” paparnya.

Ratih juga memaparkan dan mempromosikan jurusan HI UMY. Ia menyatakan bahwa jurusan HI UMY merupakan jurusan yang diperhitungkan dalam berbagai aspek.

“Seiring dengan berkembangnya waktu, lambat laun HI UMY menjadi jurusan yang diperhitungkan dalam berbagai aspek. Lulusannya yang kompetitif membuktikan lulusannya terserap oleh dunia kerja,” paparnya.

Ratih juga mengungkapkan bahwa fasilitas yang mendukung menjadi titik tumpu bagi pengembangan mahasiswa.

“Dalam rangka mendorong pengembangan kemahasiswaan, maka HI UMY menyediakan berbagai macam fasilitas. Salah satunya fasilitas Ruang Simulasi Sidang ASEAN. Fasilitas ini sengaja dibuat oleh jurusan HI UMY sebagai sarana untuk mempraktekkan secara langsung mekanisme bersidang. Harapannya fasilitas ini disediakan untuk memberikan pengalaman bagi mahasiswa, sebelum terjun secara langsung pada praktek di lapangan,” ungkapnya. (Fikar)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s