Jelajah Budaya Goes to Solo

Halo, sobat mahasiswa. KOMAHI UMY pada Minggu, 6 Mei 2012 yang lalu kembali mengadakan sebuah acara berjudul “Jelajah Budaya”. Acara ini merupakan salah satu program kerja dari divisi Bahasa dan Budaya Komahi UMY. Sekitar 32 mahasiswa dari jurusan Ilmu Hubungan Internasional dan dari luar HI, telah mengikuti acara ini.

Dengan keberangkatan dari UMY pada pukul 8.30 WIB, rombongan sampai di Solo, tepatnya di Keraton Solo pada pukul 10.00 WIB. Penjelajahan Budaya kali ini memang dimulai dari Keraton Solo, yang kemudian dilanjutkan ke Museum Purbakala Sangiran.

“Pas di Keraton Solo, pertama kita dibawa oleh para tour guide ke pendopo yang ada diluar keraton. Disana kita diberi penjelasan tentang sejarah keraton, beserta sejarah raja-raja yang pernah mendudukinya”, ungkap Binar Prasetya Muflihati, sekretaris KOMAHI 2012 yang juga mengikuti acara tersebut.

Setelah dari pendopo keraton, para rombongan diajak untuk memasuki perpustakaan keraton. Ketika di perpustakaan keraton, para rombongan dipertemukan dengan pangeran keraton solo. Dan didalam perpustakaan keraton itu, rombongan juga dapat menemukan beragam literatur-literatur kuno masa lalu. Bentuk-bentuk buku kerajaan lama Solo, sampai buku-buku yang terbuat dari pelepah daun lontar pun ada di dalamnya.

Sekeluarnya dari perpustakaan keraton, para rombongan lalu dibawa keluar kawasan keraton untuk selanjutnya melakukan penjelajahan ke museum purbakala Sangiran. Di dalam museum, rombongan ditunjukkan audio visual manusia purba dari Solo. Selepas menonton audio visual tersebut, para rombongan diajak berkeliling museum purbakala Sangiran, yang konten didalamnya terdapat miniatur-miniatur manusia purba, peralatan hidup manusia purba, dan lain sebagainya.

Acara berakhir pada pukul 15.30 WIB, dan selanjutnya para rombongan diajak untuk kembali pulang ke Jogja. Dan berikut komentar salah satu mahasiswa HI 2011, Ainun Ardhi, yang mengikuti acara tersebut, “Acaranya bagus, dengan ini, ya bisa mengenal budaya keraton Solo lebih dalam. Dan untuk selanjutnya, sebaiknya diadakan acara yang sama, tapi tempatnya tidak usah jauh-jauh, di kawasan Yogyakarta dulu aja. Toh kan di Jogja masih banyak budaya-budaya yang masih bisa di explore.”

Bagaimana kawan, tertarik untuk mengikutinya? Selalu ikuti kabar terbaru agenda KOMAHI yang akan diadakan yaa.. Dijamin kawan mahasiswa sekalian tidak akan menyesal dan akan mempunyai wawasan dan pengalaman yang bertambah. Salam KOMAHI!! (Deansa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s