KOMAHI UMY Awali Transformasi Libatkan Seluruh Anggota

oleh Achmad Zulfikar Anggota Tim Ad-Hoc AD/ART KOMAHI KOMAHI UMY bertumbuh sesuai dengan tuntutan zaman. Hal inilah yang mendasari transformasi KOMAHI UMY menjadi organisasi yang lebih terbuka kepada seluruh anggotanya yakni mahasiswa HI UMY. Salah satu bentuk keterbukaan yang ditunjukkan yakni melibatkan pengurus maupun anggota dalam perombakan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga KOMAHI UMY. AD/ART ini merupakan landasan yang telah dirombak dari mukbes ke mukbes sejak berdirinya tahun 1988.

 Di periode kepengurusan 2012-2013 yang akan datang, tantangan KOMAHI akan lebih besar dan lebih kompleks. Maka dari itu pengurus periode ini telah memikirkan upaya-upaya revolusioner untuk mempertahankan eksistensi KOMAHI UMY yang telah dikenal sebagai organisasi yang teraktif se-UMY, disamping itu pada tahun 2007 lalu telah mendapatkan penghargaan bagi organisasi pemuda se-ASEAN yakni ASEAN TAYO.

Mengapa harus AD/ART dan dilakukan baru sekarang ? Dalam sebuah organisasi landasan berpijak dalam menghasilkan kebijakan maupun menjalankan programnya mengacu pada suatu konsensus bersama yang biasa dikenal dengan nama “Anggaran”. Di organisasi yang lebih luas seperti negara Indonesia kita mengenal Undang-Undang Dasar yang juga bermula dari Piagam Jakarta. Lebih luas lagi ASEAN yang merupakan organisasi regional Asia Tenggara, dalam perhimpunan ini dikenal Piagam ASEAN. Dalam lingkup dunia kita mengenal UN (Perhimpunan Bangsa-Bangsa), lagi-lagi dalam organisasi ini kita mengenal UN Charter (Piagam PBB).

Nah, di KOMAHI kita mengenal yang namanya AD/ART itu. Sehingga kalimat-kalimat yang tertuang dalam AD/ART merupakan acuan kami dari pengurus KOMAHI UMY untuk menjalankan organisasi ini. Lalu mengapa baru dilakukan sekarang ? Hal ini dikarenakan AD/ART hanya dapat dirubah pada saat musyawarah keluarga besar KOMAHI UMY, atau dibentuk tim ad-hoc yang dapat merumuskan perubahan kemudian mengajukannya pada saat musyawarah, sehingga saat ini merupakan kesempatan yang tepat bagi anda agar suara anda didengarkan.

Berdasarkan pengalaman pribadi, saya seringkali mendengar tuntutan dari teman-teman mahasiswa HI UMY mengenai program-program yang belum sesuai dengan keinginan, di samping itu ada beberapa hal yang belum diakomodasi oleh KOMAHI terkait dengan kepentingan mahasiswa HI. Hal inilah yang ingin kita dengarkan dari teman-teman, melalui kesempatan ini. Hingga hari Jumat (16/11) pukul 14.00 WIB, kami menunggu masukan dari teman-teman untuk kemajuan kita bersama membangun HMJ milik mahasiswa Hubungan Internasional (KOMAHI).

Untuk menghubungi saya, bisa melalui SMS (081355998953), Pesan Facebook, Telepon, maupun Email (apa@kabarfikar.com). Sekecil apapun masukan anda terhadap AD/ART yang telah anda, berarti anda berkontribusi untuk masa depan KOMAHI yang lebih baik. Karena KOMAHI bukan milik sebagian orang saja, melainkan KOMAHI milik kita mahasiswa HI.

Apabila teman-teman ingin menyampaikan secara langsung, dapat menghadiri forum tim ad-hoc pada hari Jumat (16/11) pukul 14.00 WIB di Lobi Kantor KOMAHI. Semoga dengan keterlibatan seluruh anggota KOMAHI dapat mengawal jalannya transformasi KOMAHI ke arah yang lebih baik.

Adapun nomor lain yang dapat dihubungi, yang tergabung dalam tim ad-hoc ini antara lain: Sutrisno Triantoro,085787531809 Ondra Lufni, 081272552621 Atina Rosdiana, 085643308168 Aditya Maulana Hasymi, 08121571175 Reza Fahmi, 085277438333 Awwab Hafidz Al-Faruqi, 085729923956 dan Nurputri Dwi P. 089676564955

Draf AD/ART KOMAHI UMY dapat di akses melalui tautan yang tersedia: http://komahi.umy.ac.id/p/profil-komahi-umy.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s