Selayang Pandang 10 Delegasi HI UMY dalam PNMHII XXIV

Sepuluh delegasi Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang ikut serta dalam Pertemuan Nasional Mahasiswa Hubungan Internasional se-Indonesia (PNMHII) XXIV terdiri dari mahasiswa lintas angkatan serta berasal dari berbagai macam latar belakang organisasi dan prestasi. Bersama tulisan ini, kami akan memperkenalkan 10 delegasi beserta 2 orang LO (Liaison Officer) untuk UMY.

Reza Fahmi

Ia lahir di Sabang pada 7 Juli 1992. Belum lama ini ia terpilih sebagai Ketua Umum KOMAHI UMY periode 2012/2013, selain itu ia juga pernah menjabat sebagai Ketua Divisi Humas dan Jaringan KPM UMY periode 2011/2012, dan hingga akhir tahun ini ia masih menjabat sebagai Ketua PEUHABA UMY periode 2011/2012.

Dalam bidang akademik ia pernah meraih prestasi antara lain Best Position Paper dalam Diplomatic Course sebagai rangkaian acara International Relations Art of Challenges tahun 2012, serta sebagai Pemateri dalam Seminar Pra-PSNMHII XXIII di UGM yang mengangkat permasalahan Sengketa Pasir Besi Kulonprogo. Selain bidang akademik, ia aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler seperti menampilkan Tari Saman pada beberapa acara, salah satunya pada acara Forum Kerjasama Mahasiswa Ilmu Pemerintahan Indonesia tahun 2012.

Dalam pertemuan yang diadakan Forum Komunikasi Mahasiswa Hubungan Internasional Indonesia (FKMHII), sebelumnya ia telah mengikuti Pertemuan Nasional Mahasiswa Hubungan Internasional Indonesia (PNMHII) XXIII di Universitas Katolik Parahyangan Bandung. Dalam PNMHII XXIV di UGM ia bertindak sebagai Ketua Delegasi yang juga berkontribusi dalam Sidang Forum. Ikuti perjalanannya di @rezafahmi_.

Mohammad Ichsan

Ia lahir di Jakarta pada 11 Agustus. Ia telah memimpin beberapa organisasi seperti Ketua Majelis Perwakilan Kelas SLTP Islam Al-Azhar Jakapermai, Dewan Presidium Nasional Ikatan Alumni Insan Cendekia, dan Ketua Divisi Jaringan dan Kerjasama BEM FISIPOL UMY periode 2011/2012. Adapun ia juga aktif di KOMAHI UMY sebagai Staf Divisi Jaringan dan Kerjasama.

Tidak hanya berkiprah di berbagai organisasi, ia juga meraih prestasi akademik yakni lulus dengan predikat ‘mumtaz’ pada The Nile Center Cairo, Mesir. Selain itu, pada tahun 2011 meraih best delegates dan best position paper dalam Diplomatic Course sebagai rangkaian acara International Relations Festival.

Dalam pertemuan nasional mahasiswa Hubungan Internasional se-Indonesia sebelumnya ia telah berpartisipasi sebanyak empat kali antara lain: PNMHII XXII 2010 di Universitas Nasional, Jakarta, Pertemuan Sela Nasional Mahasiswa Hubungan Internasional Indonesia (PSNMHII) XXIII 2011 di Universitas Slamet Riyadi, Surakarta, PNMHII XXIII 2011 di Universitas Parahyangan, Bandung, dan PSNMHII XXIV 2012 di Universitas Paramadina, Jakarta. Dalam PNMHII XXIV di UGM ia menjadi delegasi untuk Sidang Forum.

Pada Sidang Forum hari Rabu (28/11) ia dilantik sebagai Presidium Nasional Koordinator Wilayah IV Forum Komunikasi Mahasiswa Hubungan Internasional Indonesia (FKMHII) yang akan menjabat dalam periode 2012/2013. Ikuti perjalanannya di @mohmd_ichsan.

Tiffany Setyo Pratiwi

Ia lahir di Jambi pada 9 Juli 1993. Ia aktif menjadi pengurus di berbagai organisasi semasa SMA antara lain Pengurus PMR dan PRAMUKA SMPN 2 Kuala Tungkal, Jambi periode 2006-2007, dan Sekretaris OSIS SMAN 1 Kuala Tungkal, Jambi. periode 2009-2010. Setelah berstatus mahasiswa ia menjadi salah satu Staf Divisi Kerjasama dan Jaringan KOMAHI UMY periode 2011-2012.

PNMHII XXIV di UGM ini merupakan kali pertamanya berkiprah dalam pertemuan nasional mahasiswa se-Indonesia. Dalam kegiatan ini ia bertindak sebagai delegasi Sidang Forum. Ikuti perjalanannya di @TiffanySetyoP.

Ahmad Jawwad

Ia lahir di Makassar pada 17 Februari 1993. Sebagai seorang aktivis ia mengikuti berbagai organisasi mahasiswa seperti Student English Activity (SEA) sebagai Anggota, UKM Bahasa Arab Al-Mujaddid sebagai Koordinator Bidang Pendidikan, Humas dan Pers BEM FISIPOL UMY periode 2012/2013 sebagai Sekretaris Divisi, serta KOMAHI UMY sebagai Staf Divisi Jaringan dan Kerjasama.

Prestasi yang telah diraihnya semasa kuliah yakni Best Speaker Diplomatic Course sebagai rangkaian acara International Relations Art of Challenges tahun 2012. Di samping itu ia juga aktif sebagai Master of Ceremony (MC) dan Liaison Officer (LO) di beberapa acara, salah satunya MC di Seminar Internasional Jurnalistik “Media Menggenggam Dunia” yang diselenggarakan oleh LPPM Nuansa UMY, dan juga menjadi LO untuk Perwakilan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta dalam acara yang sama. 
PNMHII XXIV di UGM ini merupakan kali pertamanya mengikuti pertemuan nasional mahasiswa HI. Dalam kegiatan ini ia berkontribusi dalam Short Diplomatic Course sebagai Delegasi Malaysia. Ikuti perjalanannya di @jawwad_mate.
Fariz Ramaditya

Ia lahir di Samarinda pada 10 Oktober 1993. Kondisi alam dan geografis di tempat asalnya menjadikannya sebagai mahasiswa yang cinta pada alam. Salah satunya ia buktikan dengan posisinya sebagai Komandan Laskar pada organisasi SANPALA (Santri Pecinta Alam). Ketika ia bergelut dalam perkuliahan, ia tertarik dalam bidang diskusi dan pengembangan wacana sehingga ia bergabung dalam KOMAHI UMY sebagai Staf Divisi Pengembangan Wacana. Ia juga merupakan jurnalis dari media anak muda Ournalism.

Pengalamannya dalam kepanitiaan sudah tidak diragukan lagi, pada tahun 2011 ia menjadi Ketua Panitia Seminar Nasional “Campur Tangan Internasional terhadap Separatisme di Indonesia” yang berhasil mendatangkan Rizal Sukma (Direktur CSIS, Jakarta), di samping itu pada tahun yang sama ia menjadi LO Kompetisi Bahasa Arab pada PIMNAS ke-25 di UMY.

Sebelum mengikuti PNMHII XXIV di UGM sebagai delegasi Malaysia dalam Short Diplomatic Course, ia juga pernah mengikuti PSNMHII XXIV di Universitas Paramadina. Ikuti perjalanannya di @farizrama.

Aditya Maulana Hasymi

Ia lahir di Sleman 14 Mei 1992. Kepemimpinan merupakan hal yang sering digelutinya, di samping itu ia juga tertarik dalam bidang Jurnalistik. Dua hal yang disukainya tersebut membuatnya bergelut dalam BEM FISIPOL UMY periode 2010/2011 sebagai Divisi Seni, Budaya, dan Olahraga, Indonesian Future Leaders Chapter Yogyakarta tahun 2011, dan KOMAHI UMY sebagai Staf Divisi Pers Mahasiswa periode 2011/2012.

Kegiatan seminar yang telah diikutinya juga beragam seperti School of Diplomacy yang diadakan oleh Universitas Indonesia, dan Central of Good Governance Germany Workshop “Strengthing Citizen Role in Local Governance” di UMY Yogyakarta.

Pengalamannya di pertemuan nasional yang diadakan oleh FKMHII sangat beragam. Keikutsertaannya dimulai pada PNMHII XXII di Universitas Nasional, PSNMHII XXIII di Universitas Slamet Riyadi, Surakarta, dan PNMHII XXIII di Universitas Katolik Parahyangan, Bandung. Tahun 2012 ini ia kembali mengikuti PNMHII XXIV di UGM sebagai Delegasi Joint Statement Forum (JSF) dan Delegasi Jurnalis dalam SDC. Ikuti perjalanannya di @aditmaulhas.

Achmad Zulfikar

Ia lahir di Ujungpandang 22 Mei 1992. Jurnalistik merupakan salah satu bidang yang ditekuni dan diminatinya saat ini. Walaupun mengenyam pendidikan sebagai mahasiswa Hubungan Internasional, baginya media merupakan hal yang tidak terpisahkan dalam studi hubungan internasional. Beberapa organisasi yang digelutinya yang berhubungan dengan minatnya tersebut antara lain BEM FISIPOL UMY sebagai Staf Pers dan Multimedia (2010/2011) dan Ketua Divisi Media dan Informasi (2011/2012), KOMAHI UMY sebagai Staf Pers Mahasiswa (2010/2011, dan 2011/2012), Lembaga Pers dan Penerbitan Mahasiswa Nuansa UMY sebagai Ketua Divisi Jaringan dan Informasi (2011/2012) dan Sekretaris Umum (2012/2013), dan Komunitas Blogger Jogja sebagai Sekretaris Umum (2011/2012).

Adapun kegiatannya sebagai jurnalis diaplikasikannya dalam berbagai kegiatan sebagai berikut Pimpinan Umum Mading Kabar FISIPOL (2011/2012), Penanggungjawab Buletin KOMAHI UMY (2011/2012), Kontributor di Swara Kampus Kedaulatan Rakyat (2010-sekarang), dan Jurnalis Biro Humas dan Protokol UMY dalam PIMNAS ke-25 di UMY (2012). Di samping itu ia juga mengelola berbagai website antara lain: Penanggungjawab Website KOMAHI UMY (2010/2011, dan 2011/2012), dan Penanggungjawab Teknis Website Jurusan Ilmu Hubungan Internasional UMY (sejak September 2012).

Prestasi yang pernah diraihnya Finalis Youth Essay Contest tahun 2009, Juara II Kompetisi Paper Eduforia BEM KM UMY, dan Juara II Kompetisi Paper Communication Awards 2012. Ia juga pernah mengikuti Jogjakarta International Model United Nation (2012), dan Indonesia Model United Nation (2012). Dalam pertemuan nasional FKMHII ia pernah mengikuti PSNMHII XXIII di Universitas Slamet Riyadi, Surakarta dan pada PNMHII XXIV di UGM ia bertindak sebagai delegasi Diskusi Ilmiah dan Jurnalis dalam SDC. Ia dapat ditemui di twitter @achmadzulfikar.
Sarah Nur Ramadhani

Ia lahir di Tegal 9 Maret 1994. Nge-band merupakan kehidupannya. Namun demikian, ia tetap memiliki sisi feminim dibuktikan dengan prestasinya di bidang seni dan budaya. Sejak 2008 ia telah menjalani kesehariannya menjadi band pengisi berbagai acara. Kiprahnya di dalam seni musik ini dibuktikan melesat pada tahun 2012 yang berhasil diraihnya melalui Finalis Kompetisi Band Antar-Siswa (KOMBAS) tingkat Kabupaten Karawang. Pembuktian prestasinya di bidang seni dan budaya antara lain Juara Solo Putri se-Kecamatan Purwasari, Karawang (2005), Finalis Pasanggiri Seni Sunda se-Provinsi Jawa Barat (2008), dan Juara 1 Solo Putri, Pagelaran Seni dan Budaya SMAN 1 Karawang (2010). 

Berdasarkan pengalamannya di organisasi, ia sering ditunjuk sebagai sekretaris organisasi maupun kepanitiaan. Adapun rekam jejaknya sebagai berikut Kepanitiaan HUT Kemerdekaan RI Perumahan sebagai Sekretaris (2008), MPK SMAN 1 Karawang sebagai Sekretaris (2011), Acara SMANSA Get The Future se-Provinsi Jawa Barat sebagai Sekretaris Umum (2011), dan OSIS SMAN 1 Karawang sebagai Sekretaris (2010/2011). Selain itu ia juga terlibat dalam bidang jurnalistik antara lain Pemimpin Redaksi pada Majalah Amunisiku SMP Pupuk Kujang (2008/2009), dan OSIS SMP Pupuk Kujang sebagai Sie. Media dan Komunikasi (2008/2009)  
PNMHII XXIV di UGM merupakan pengalaman pertama kalinya dalam pertemuan nasional yang diselenggarakan oleh FKMHII. Sedangkan posisinya dalam tim sebagai delegasi Diskusi Ilmiah. Ikuti perjalanannya di @sarahbonaya.
Richo Bimapaksi

Ia lahir di Yogyakarta 28 Maret 1994. Basket, dan Bahasa Inggris merupakan dua hal yang mendeskripsikan diri Richo. Berdasarkan pengalamannya dua hal tersebut menjadi aktivitasnya sejak SMP. Dalam bidang bahasa Inggris tercatat ia sebagai anggota Budi Mulia Dua English Club (2006/2007), anggota SMP Negeri 1 Muara Teweh English Club (2008/2009), dan anggota SMA Negeri 1 Muara Teweh English Club (2009/2012). Dan kini ia berkuliah di UMY dirinya telah bergabung dalam Student English Activity (SEA) UMY.

Sedangkan minatnya pada basket dibuktikan atas prestasinya sebagai juara III FIBA 33 Basketball Competition (2011), juara IV KALTENG POS Baskeball League (2011), dan juara II Temu OSIS 7 Basketball League (2012). Minatnya ini ia teruskan dengan bergabung dalam tim basket putra UKM Bola Basket UMY.
Prestasi lainnya ia beberapa kali terpilih menjadi duta pariwisata dengan rekam jejak sebagai berikut juara I Duta Pariwisata Barito Utara (2011), juara I Duta Pariwisata Murung Raya (2012), juara I Duta Pariwisata Barito Utara (2012), dan menjadi Duta Pariwisata Persahabatan Kalimatan Tengah (2012). 
Keikusertaannya pada PNMHII XXIV di UGM merupakan kali pertama, dan ia ditunjuk sebagai delegasi Joint Statement Forum (JSF) dalam kegiatan ini. Ikuti perjalanannya di @bimapaksi.
Donna Widya Almira

Ia lahir di Sumenep 8 Desember 1993. Seminat dengan Richo, basket merupakan hal yang disukainya. Berbagai prestasinya ditorehkan dalam basket antara lain Juara I Kompetisi Basket se-Sumenep Bupati Cup (2011), Juara I Kompetisi Basket KOBALAMA se-Madura (2011), Juara I Kompetisi Basket KOBASMANSA se-Madura (2011), dan Juara III Liga Basket LIBANJAR  se-Madura (2011).

Pengalaman organisasinya antara lain Anggota SMPN 1 Sumenep English Club (2008), dan Anggota RSMA-BI Negeri 1 Sumenep sebagai Jurnalis (2011). PNMHII XXIV di UGM merupakan kali pertamanya berpartisipasi dalam ajang pertemuan nasional tingkat mahasiswa. Ia mendapatkan bagian sebagai delegasi Joint Statement Forum (JSF) dalam kegiatan ini. Ikuti perjalanannya di @donna_wa.




Mohammad Shodikin

Ia lahir di Temanggung 5 Juni 1993. Ia merupakan Liaison Officer dari PNMHII XXIV untuk delegasi UMY. Beberapa kegiatan dan pengalaman organisasinya antara lain sebagai berikut AIESEC UGM Departemen Luar Negeri, Ketua OSIS SMAN 3 Bandung, Exchange MUN di Dubai (2011), dan mengikuti program APIMUN Thailand-Vietnam (2011).

Ikuti updatenya melalui twitter terkait dengan PNMHII XXIV di @odioddy.

Nadia Fatmakusumah

Ia lahir di Samarinda 1 Mei 1991. Ia merupakan Liaison Officer dari PNMHII XXIV untuk delegasi UMY. Ia memiliki beberapa organisasi yang sedang dijalaninya antara lain KOMAHI UGM Bidang Eksternal (2011/2012) dan Inventaris (2011/2012), ASONE (ASEAN Student Network Organization) sebagai Sekretaris Jenderal (2011/2012), UGM MUN Community sebagai Koordinator Partisipan (2012/2013).

Sedangkan pengalamannya dalam kepanitiaan antara lain JOIN MUN 2012 sebagai Koordinator Media (2011/2012), dan diproyeksi akan menjadi Head of Board JOIN MUN 2013. Selain itu ia memiliki prestasi sebagai delegasi Indonesia dalam Harvard MUN 2012 dan ia merupakan alumni AFS (American Field Service) USA tahun 2008/2009. Ikuti updatenya melalui twitter terkait dengan PNMHII XXIV di @nadiamoii.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s