267 Delegasi dari 36 Universitas Hadiri Pembukaan PNMHII XXIV di UGM

Pertemuan Nasional Mahasiswa Hubungan Internasional se-Indonesia XXIV tahun 2012 diselenggarakan di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Sebanyak 267 delegasi dari 36 universitas se-Indonesia menghadiri kegiatan ini. Kegiatan yang direncanakan berlangsung dari hari Ahad-Sabtu (25-30/11) merupakan ajang bagi mahasiswa untuk silaturahmi sekaligus melakukan kegiatan bersama sehingga dapat memberikan kontribusi kepada bangsa.

Kegiatan PNMHII diawali dengan upacara pembukaan yang dilangsungkan pada hari Ahad (25/11) pukul 18.30 WIB di Aula Graha Sabha Pramana. Dalam upacara pembukaan ini turut hadir Kajur HI UGM, Dekan FISIPOL UGM, Rektor UGM, Perwakilan DIKPORA (Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga) DIY mewakili Sultan Hamengkubuwono X, dan Kajur HI Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Ali Muhammad, Ph.D.

Muhammad Fidhzariyan Kusuma Utama selaku Ketua Panitia Pelaksana PNMHII XXIV membuka sambutan. “Saya mengucapkan terima kasih dan menyambut teman-teman mahasiswa Hubungan Internasional se-Indonesia di kampus kerakyatan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. PNMHII tahun ini mengangkat tema perdamaian. Hal ini terkait usaha kita (mahasiswa) untuk mewujudkan perdamaian karena menyangkut keamanan sebuah negara”.

Sejalan dengan ketua panitia, Ririn Tri Irawati yang mewakili jurusan HI UGM menyatakan bahwa PNMHII bukan sekedar forum silaturahmi semata, melainkan juga forum ilmiah. “Saya mewakili ketua jurusan HI UGM mengucapkan selamat datang pada para peserta, selanjutnya seya berpesan bahwa PNMHII ini bukan sekedar forum silaturahmi saja, melainkan forum ilmiah yang akan menambah kapasitas ilmu peserta. Yang kemudian, andalah yang dapat menjadi agen resolusi konflik dewasa ini”.

Dekan FISIPOL UGM menyatakan bahwa PNMHII memiliki relevansi untuk memajukan negara. “Pertama-tama saya mengucapkan terima kasih kepada panitia dan peserta. Melalui kegiatan PNMHII ini memiliki relevansi kuat terhadap peran mahasiswa terkait upaya-upaya mewujudkan perdamaian. Diplomasi atau negosiasi menjadi hal yang penting untuk memajukan sebuah negara. Semangat orang-orang muda akan melanjutkan perjuangan untuk Indonesia”.

Sebelum acara dibuka dengan resmi, perwakilan DIKPORA DIY membacakan sambutan Sultan Hamengkubuwono X. Sultan menekankan pentingnya kegiatan ini karena memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi diri. “Dari kegiatan ini diharapkan mahasiswa mendapatkan teman baru. Karena pada dasarnya jaringan sangat penting untuk menghadapi tantangan kedepannya. Sekalipun diplomat pada umumnya merupakan tujuan utama lulusan HI, namun demikian melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan potensi diri dan memanfaatkan jejaring sosial dengan baik untuk perubahan Indonesia”.

Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan penampilan seni dan budaya dari berbagai UKM di UGM antara lain Paduan Suara Mahasiswa UGM, UGM Orkestra Chamber, dan UKM Swagayugama. Acara ditutup dengan pengumuman finalis diskusi ilmiah yang akan mempresentasikan karyanya pada hari Senin (26/11) di Ruang Bulaksumur University Club. (fikar/sarah/tiffany)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s