Mohammad Ichsan Dikukuhkan sebagai Presidium Nasional FKMHII Korwil IV

Mohammad Ichsan dikukuhkan sebagai Presidium Nasional Forum Komunikasi Mahasiswa Hubungan Internasional Indonesia (Presnas FKMHII) Koordinator Wilayah IV. Ia bersama lima presnas lainnya dilantik di hadapan sidang forum PNMHII XXIV pada hari Kamis (29/11) pukul 00.48 WIB bertempat di Ruang Bulaksumur University Club UGM.

Ditemui selepas upacara pelantikan, Ichsan yang saat ini menempuh pendidikannya di HI UMY menuturkan harapannya terkait kemajuan FKMHII kedepannya. “Setiap Korwil seyogyanya menciptakan suasana kondusif di antara mahasiswa Hubungan Internasional dengan menguatkan kerjasama akademis dan non-akademis. Dari kerjasama ini diharapkan akan tercipta wilayah yang kokoh, dan menjadikan FKMHII yang kokoh pula”.

Terkait dengan penunjukannya sebagai Presnas FKMHII Korwil IV Ichsan menjelaskan bahwa proses yang dilaluinya cukup panjang dan dilakukan sebelum pelaksanaan PNMHII XXIV ini. Menurutnya, sidang forum ini merupakan tempat untuk mengesahkan Presnas, sehingga proses pemilihan dilakukan oleh masing-masing Korwil. Namun demikian mekanisme penentuan Presnas tiap Korwil berbeda-beda, untuk wilayah IV alphabetical order (urutan abjad) dijadikan acuan untuk menentukan Presnas seperti yang lazim digunakan dalam penentuan ketua ASEAN.

Ichsan melanjutkan, sebenarnya tahun 2012 ini merupakan waktu keketuaan Universitas Respati Yogyakarta  setelah sebelumnya Universitas Slamet Riyadi, Surakarta. Setelah terjadi dinamika dalam wilayah IV yang berlangsung pada rapat koordinasi wilayah IV bulan September lalu, akhirnya disepakati bahwa UMY yang menggantikan giliran UNRIYO, sedangkan pada periode berikutnya barulah UNRIYO akan mengambil kesempatannya. Hal ini juga tidak mudah karena kesanggupan ini harus dibahas lagi dalam internal Divisi Jaringan dan Kerjasama KOMAHI UMY, setelah diadakan pertemuan dengan seluruh anggota akhirnya saya diberikan amanah untuk menjabat posisi tersebut.

“Singkatnya pada rapat terakhir korwil IV sebelum pelaksanaan PNMHII XXIV, saya diperkenalkan di hadapan seluruh delegasi universitas yang tergabung dalam FKMHII wilayah IV sebagai Presnas Korwil IV periode 2012/2013 menggantikan posisi Marisa Adiratna Kunarhati Presnas periode 2011/2012”, papar Ichsan.

“Malam pengukuhan sebagai Presnas berlangsung dengan khidmat yakni dengan pelepasan almamater presnas yang baru dan mengembalikan almamater presnas yang lama. Hal ini menandakan bahwa FKMHII merupakan milik seluruh mahasiswa HI yang tergabung di dalamnya, dan bukan milik salah satu universitas”, terangnya.

“Dalam sidang forum ini FKMHII wilayah IV menyambut anggota baru yakni Universitas Diponegoro yang telah menjadi anggota tetap. Sehingga anggota tetap wilayah IV menjadi 7 universitas antara lain UMY, UGM, UWH, UNISRI, UPNV Yogyakarta, UNRIYO, dan UNDIP. Sedangkan anggota yang masih berstatus peninjau yakni UNS, dan UNSOED”, tutupnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s