Prambanan dan Malioboro Menjadi Tujuan City Tour PNMHII XXIV

City tour merupakan salah satu rangkaian acara Pertemuan Nasional Mahasiswa Hubungan Internasional se-Indonesia XXIV di Universitas Gadjah Mada.Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan suasana dan nilai-nilai budaya di kota Yogyakarta. Tentunya kegiatan ini memberikan kesan tersendiri bagi delegasi universitas yang berasal dari luar kota Yogyakarta, hal tersebut tergambar raut wajah peserta city tour setelah melakukan kegiatan tersebut.

Panitia PNMHII kali ini sudah cukup tepat di dalam memilih tempat tujuan city tour, tempat yang terpilih itu adalah “Candi Prambanan” dan “Malioboro”. Kedua tempat tersebut adalah dua ikon kota Yogyakarta yang tidak dapat di pisahkan dari kota budaya ini.  Kegiatan ini dilaksanakan pada hari ke 4 pelaksanaan acara yakni hari Kamis (29/11).

Para peserta sudah berkumpul di depan wisma MM UGM sejak pukul 9 pagi untuk melaksanakan tur. Seluruh peserta beserta panitia berangkat bersama dengan menggunakan 8 bus menuju tempat kunjungan pertama. Tempat Pertama yang dikunjungi adalah “Candi Prambanan”. Candi Prambanan atau biasa disebut dengan Candi Roro Jonggrang merupakan kompleks candi hindu yang terbesar di Indonesia yang dibangun sekitar abad ke- 9 masehi. Prambanan lebih tepatnya terletak di Desa Prambanan yang letaknya terpisah di dua kabupaten yaitu Sleman dan Klaten. Prambanan juga termasuk situs warisan dunia UNESCO sekaligus candi terindah di Asia Tenggara.

Setiba di Prambanan peserta diberi kesempatan untuk menikmati keindahan candi Prambanan selama 2 jam yaitu dari pukul 10.00-12.00 WIB. Setelah waktu selesai peserta diwajibkan untuk kembali ke bus untuk meneruskan perjalanan ke “Malioboro”. Malioboro adalah nama sebuah jalan yang ada di kota Yogyakarta yang tentunya menjadi salah satu ikon kota Yogyakarta yang paling terkenal karena di sepanjang jalan ini terdapat jajaran kaki lima yang murah meriah yang diperuntukan bagi wisatawan untuk berbelanja atau hanya sekedar jalan-jalan.

Setelah selesai jalan-jalan di Malioboro peserta berkumpul lagi untuk kembali menuju wisma MM UGM. Tentunya, bagi peserta delegasi dari berbagai universitas menikmati perjalanan city tour tersebut, itu semua tergambar di wajah lelah yang segar dari setiap peserta. (fariz/fikar)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s