Semangat PNMHII XXIV dari Jogja untuk Dunia

Pertemuan Nasional Mahasiswa Hubungan Internasional se-Indonesia (PNMHII) XXIV yang diselenggarakan oleh tuan rumah Universitas Gadjah Mada Yogyakarta akhirnya mencapai puncak penyelenggaraan. Acara yang dimulai sejak Minggu (25/11) lalu, berakhir pada Kamis (29/11). Penutupan dilakukan dengan standing party bertempat di Gedung Mandala Bhakti Wanitatama, Yogyakarta. Acara PNMHII XXIV sendiri terdiri dari beberapa kegiatan antara lain, seminar, diskusi ilmiah, sidang forum, joint statement forum, short diplomatic course, sidang forum, table manner, workshop, social work, dan city tour.

“Walau hari ini sudah merupakan acara terakhir dari PNMHII XXIV, saya berharap semangat 267 mahasiswa dari seluruh Indonesia yang berkumpul di Yogyakarta (Jogja) dalam rangka merumuskan upaya perdamaian dan resolusi konflik di Asia Tenggara tentunya tidak akan padam seiring dengan berakhirnya acara PNMHII. Kita selaku generasi penerus bangsa seyogyanya menanamkan nilai-nilai perdamaian ini untuk disebarkan ke seluruh dunia, agar dunia ini bebas dari segala bentuk penindasan. Sehingga saya sepakat dengan semangat PNMHII dari Jogja untuk Dunia”, ungkap Achmad Zulfikar salah satu Delegasi UMY saat ditemui setelah acara.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia PNMHII XXIV Muhammad Fidhzariyan Kusuma Utama menuturkan, “Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh peserta karena sudah menjadi bagian dari PNMHII XXIV di UGM. Saya juga menyampaikan permohonan maafnya jika ada yang kurang berkenan selama acara PNMHII XXIV ini berlangsung. Dan saya berharap semoga acara ini dapat bermafaat bagi seluruh peserta, dan semoga selama acara ini berlangsung, semua peserta dapat merasakan atmosfer akademik selama berada di Kota Pelajar, Yogyakarta”.

Fidzhariyan menambahkan, “Pada akhirnya acara PNMHII XXIV resmi berakhir, semoga kita dapat bertemu lagi di Pertemuan Sela Nasional di Universitas Andalas, dan PNMHII XXV di Universitas Indonesia”.

Rangkaian acara penutupan PNMHII XXIV dimulai pukul 18.30 WIB dan berlangsung sangat meriah. Acara ini terdiri dari: sesi foto delegasi di photo booth, opening, penampilan-penampilan, makan malam, pengumuman pemenang diskusi ilmiah, pengumuman best delegates dan best journalist dalam short diplomatic course, waltz dance, dan kemudian penutup. Disini para peserta juga dipertontonkan dengan video dokumenter selama acara PNMHII XXIV berlangsung.

Pada acara penutupan ini, para peserta PNMHII XXIV saling mengakrabkan diri kepada peserta lainnya, terbukti dengan para peserta yang berfoto, dan makan bersama, kemudian pada saat waltz dance peserta yang diharuskan berdansa dengan peserta yang bukan delegasi dari kampusnya. Hal yang tak terduga pada acara PNMHII XXIV, kali ini adalah para delegasi yang bersama-sama menarikan tarian “gangnam style” dan berjoget bersama ketika diputarkannya lagu dangdut oleh panitia, pada saat acara penutupan PNMHII XXIV tersebut selesai. (richo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s