UI Nyatakan Siap menjadi Tuan Rumah PNMHII XXV

Universitas Indonesia (UI) menyatakan diri siap menjadi tuan rumah Pertemuan Nasional Mahasiswa Hubungan Internasional se-Indonesia (PNMHII) XV yang akan diselenggarakan pada akhir tahun 2013 mendatang. Dalam hal ini UI sudah mempersiapkan segala sesuatu terkait pelaksanaan agenda PNMHII ini.

Hal ini disampaikan Ketua Delegasi HI UMY Reza Fahmi yang turut mengikuti Sidang Forum PNMHII XXIV di Ruang Bulaksumur University Club UGM. Selain UI ada tiga universitas lain yang ikut dalam bursa pemilihan tuan rumah PNMHII XXV antara lain UNAIR, Udayana, dan UMY, Rabu (28/11).

Menurut Reza, pada awalnya ada empat universitas yang masuk dalam bursa tuan rumah PNMHII XXV, namun setelah ditanyakan kesiapannya, akhirnya tersisa dua kandidat.

“Pada saat sidang berlangsung, terjadi perdebatan yang sengit dalam hal pencalonan tuan rumah. Di mana UNAIR mencalonkan UMY, dan begitu juga sebaliknya. Ada juga UnRiau mencalonkan Udayana. Sedangkan UI memang mencalonkan diri. Namun akhirnya UI dan UNAIR yang menyatakan bersedia menjadi tuan rumah” paparnya.

Reza melanjutkan, setelah ada dua calon tuan rumah yang bersedia. Maka sidang dilanjutkan dengan pemaparan kesiapan. Dari pemaparan ini terlihat bahwa UI lebih siap dari UNAIR.

“Pada saat pemaparan ini, sangat terlihat bahwa UI sudah sangat siap untuk melaksanakan pertemuan tingkat nasional ini. Hal ini dibuktikan dengan mantapnya UI menentukan arah pertemuan yang berfokusi pada diskusi ilmiah dan riset. Bahkan hasil risetnya ini akan diajukan kepada pemerintah sebagai formulasi kebijakan dari mahasiswa. Kegiatan lainnya yang ditawarkan SDC MUN selama 3 hari. Bahkan UI juga telah mengusulkan tema “Revitalisasi Politik Luar Negeri Indonesia”. Lain halnya dengan UNAIR yang memang kurang mempersiapkan diri, mereka justru memproyeksikan diri sebagai tuan rumah PNMHII XXVI,” paparnya.

Berlanjut ke sesi voting, Reza menyatakan bahwa pada dasarnya perbedaan antara UI dan UNAIR hanya selisih 1 suara.

“Memasuki sesi pemilihan, rupanya anggota forum cukup mempertimbangkan untuk memberikan suaranya. Hal ini ditunjukkan dari hasil voting, UI mendapatkan 16 suara, sedangkan UNAIR mendapatkan 15 suara. Sehingga selisih suara di antara keduanya, hanya 1 suara,” ungkapnya.

Dari kesiapan dan kesediaan UI ini, Reza berharap bahwa persiapan ke arah PNMHII XXV yang akan datang semoga berjalan dengan lancar dan sukses.

“Saya hanya mengharapkan kesuksesan dan kelancaran persiapan PNMHII XXV hingga pelaksanaannya. Karena kegiatan ini bukan hanya tanggung jawab UI saja melainkan juga tanggung jawab kita bersama sebagai Forum Komunikasi Mahasiswa Hubungan Internasional se-Indonesia,” harapnya. (Fikar)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s