UNPAD dan UNPAR Borong Juara Kompetisi PNMHII XXIV

Universitas Padjajaran (Unpad) dan Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) memborong juara di dua kegiatan yang dikompetisikan di dalam Pertemuan Nasional Mahasiswa Hubungan Internasional se-Indonesia (PNMHII) XXIV di Universitas Gadjah Mada. Dua kegiatan tersebut yakni Diskusi Ilmiah dan Short Diplomatic Course.

Hal ini terungkap dari pengumuman pemenang oleh Master of Ceremony pada Upacara Penutupan PNMHII XXIV di Balai Shinta Gedung Mandala Bhakti Wanitatama, Yogyakarta, Kamis (29/11).
Menurut pengumuman pemenang tersebut UNPAD dan UNPAR meraih tiga besar di Diskusi Ilmiah, dan Terbaik di Short Diplomatic Course.
“Kami mengucapkan selamat kepada UNPAD yang meraih Juara I di Diskusi Ilmiah dan Best Position Paper di Short Diplomatic Course, serta UNPAR yang meraih Juara III di Diskusi Ilmiah dan Best Delegate di Short Diplomatic Course,” paparnya.
Menurut Juara I Diskusi Ilmiah yang berasal dari UNPAD yakni Floranesia Lantang. Ia menyatakan syukur bahwa UNPAD kembali meraih juara setelah sekian lama tidak mendapatkannya. Di samping itu, optimisme kami juga sangat tinggi karena kami telah mempersiapkannya dengan baik. Dalam diskusi ilmiah ini, ia di dampingi oleh Ravio Patra Sari.
“Kami sangat senang tahun ini dapat mengharumkan nama UNPAD, setelah 2 tahun yang lalu di even serupa kami belum bisa meraih prestasi. Dengan persiapan matang selama 1 bulan, maka kami optimis mendapatkan juara. Di samping itu, tantangan terberatnya adalah menjalin kedekatan akademis satu sama lain,” ungkapnya.
Masih dengan Position Paper Terbaik yang juga dari UNPAD, Desy A. D. yang didampingi Bawono B. W. tidak menyangka dapat meraih posisi ini, dan ia menyelipkan kiat-kita membuat position paper yang baik.
“Saya tidak menyangka dapat meraih Position Paper Terbaik, melihat kompetensi dari universitas lain yang patut diperhitungkan. Namun demikian untuk menghasilkan Position Paper yang baik maka kita dituntut untuk melaksanakan penelitian kecil untuk mengetahui lebih lanjut kepentingan negara dan fakta-fakta yang ada. Biasanya delegasi simulasi sidang seperti ini hanya mementingkan kata-kata diplomatis, namun bagi kami fakta-fakta terkait posisi negara juga harus dicantumkan,” jelasnya.
Lain halnya dengan Juara III Diskusi Ilmiah dari UNPAR, Marshell Adi Putra yang didampingi Anggreka Michello Bulan mengungkapkan bahwa persiapan yang dilakukan butuh waktu panjang dan membutuhkan masukan dari berbagai pihak.
“Akhirnya kami puas dan lega mendengar hasilnya setelah melakukan persiapan berbulan-bulan. Namun demikian peserta yang lain juga bagus. Di sini kami mendapatkan bantuan dan masukan dari senior maupun dosen-dosen. Sehingga tiap minggu sebelum acara kami intensif untuk berlatih. Intinya Latihan.. Latihan.. dan Latihan,” ungkapnya.
Senada dengan rekan satu universitasnya, Imanuel didampingi Jessica Christina mengungkapkan bahwa suatu kebanggaan dapat meraih posisi Delegasi Terbaik dari Short Diplomatic Course ini. Ia juga mengucapkan rasa terima kasihnya atas dukungan seluruh delegasi pada saat pelaksanaan sidang. Selain itu ia menjelaskan secara singkat kiat-kiat menyukseskan draf resolusi.
“Saya sangat senang dan bangga serta mengucapkan terima kasih untuk teman-teman dari UNPAR yang telah memberikan dukungan dan dorongan. Tidak lupa kepada seluruh delegasi yang telah mendukung pada saat pelaksanaan sidang. Di sini saya juga ingin menyampaikan untuk membuat suatu draf resolusi maka kita harus melihat apa tujuan dari sidang. Selanjutnya dirangkum menjadi satu statemen dan resolusi. Dalam sidang ini kami mencoba mengantar permasalahan ini ke ranah penyelesaian lingkup ASEAN,” jelasnya.
Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Hubungan Internasional (HMPSIHI) UNPAR Vinsensius Shianto yang turut mendampingi delegasi UNPAR menyatakan apresiasi atas kesuksesan penyelenggaraan acara ini.
“Saya sangat senang dan bangga mendapatkan penghargaan yang didapatkan oleh delegasi UNPAR. Penghargaan ini saya rasa sepadan dengan usaha, kerja keras, dan persiapan yang dilakukan. Saya mengucapkan selamat dan sukses bagi panitia UGM,” paparnya. (Fikar)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s