KOMAHI UMY Diamanahkan Menjadi Sekretariat FKMHII Wilayah IV

Korps Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KOMAHI UMY) siap menerima amanah menjadi sekretariat FKMHII Wilayah IV. Hal ini sejalan dengan persetujuan kami terhadap gagasan perubahan yang ingin diwujudkan setahun ke depan.

Hal ini dinyatakan oleh Perwakilan KOMAHI UMY Tiara Pramudita Sanaiscara Nurul Ikhsani dalam Pertemuan FKMHII Wilayah IV di Ruang Sidang ASEAN HI UMY. Pertemuan ini dihadiri 8 dari 9 universitas yang bernaung dalam Wilayah IV antara lain Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Yogyakarta (UPNV Yk), Universitas Respati Yogyakarta (UNRIYO), Universitas Slamet Riyadi (UNISRI), dan Universitas Wahid Hasyim (UWH). Sedangkan Universitas Sebelas Maret (UNS) mengkonfirmasikan ketidakhadirannya, Sabtu (22/12).

Tidak hanya itu Tiara yang juga Ketua Divisi Jaringan dan Kerjasama KOMAHI UMY menekankan bahwa pelaksanaan kerja termasuk mekanisme dan ranah kerja antar-divisi harus jelas.

 “Kami setuju dengan perubahan-perubahan yang telah dipaparkan oleh Presnas, namun kami menekankan bahwa pembagian divisi-divisi harus jelas disertai mekanisme dan ranah kerja,” tegasnya.

 Sedangkan menurut Presidium Nasional Forum Komunikasi Mahasiswa Hubungan Internasional se-Indonesia Koordinator Wilayah IV Mohammad Ichsan pada dasarnya ia telah mencanangkan 5 pencapaian untuk setahun kedepannya, termasuk pembagian kinerja yang jelas dan terarah.

“Saya menekankan lima pencapaian FKMHII wilayah IV setahun kedepan antara lain membumikan FKMHII, menciptakan suasana kondusif bagi FKMHII yang terbuka bagi seluruh anggota himpunan, menjadikan FKMHII bukan hanya milik BPH maupun divisi eksternal himpunan, meningkatkan kinerja FKMHII di bidang akademis maupun non-akademis, serta mewujudkan pembagian kinerja yang jelas dan terarah,” paparnya.

Tidak hanya itu Ichsan yang masih berstatus sebagai mahasiswa HI UMY juga menekankan bahwa kepemimpinannya saat ini akan dibantu oleh 5 divisi yang telah dimampatkan.

“Di sini saya merumuskan ada 5 divisi antara lain Pengabdian Masyarakat (yang dulu kita kenal dengan nama Sosial dan Kemasyarakatan), Minat dan Bakat, Media dan Informasi, serta Penelitian dan Pengembangan (di mana divisi forum diskusi akan masuk ke dalam divisi ini. Harapannya dari pemampatan ini akan lebih dikedepankan kualitasnya sehingga tidak sekedar kuantitas” paparnya.

Memasuki agenda pembentukan penanggungjawab divisi, Ichsan kemudian menanyakan kembali satu per satu perwakilan yang hadir. Kemudian disepakati 9 universitas di bagi ke dalam 5 divisi, di mana UMY telah menempati divisi kesekretariatan sedangkan 8 universitas terbagi ke dalam 4 divisi lainnya.

“Berdasarkan kesepakatan kita bersama maka penanggungjawab telah terbagi ke dalam seluruh divisi. Pertama, divisi pengabdian masyarakat ditempati UWH, dan UNISRI. Kedua, divisi Minat dan Bakat ditempati UNSOED dan UNRIYO. Ketiga, divisi Media dan Informasi ditempati UNS dan UPNV. Keempat, divisi Penelitian dan Pengembangan ditempati UGM dan UNDIP, sedangkan UMY diamanahkan divisi kesekretariatan, karena sudah menjadi kesepakatan kita bahwa Divisi Kesekretariatan berasal dari universitas asal Presnas” paparnya.

Ichsan menambahkan pertemuan lanjutan akan dilaksanakan di Universitas Jenderal Soedirman pada akhir Januari 2013 mendatang.

“Tuan rumah untuk rapat kedua seperti yang telah kita sepakati akan dilaksanakan di Universitas Jenderal Soedirman pada tanggal 27 Januari 2013 pukul 14.00 WIB dengan agenda pembahasan company profile, laporan hasil working group (program kerja), dan fiksasi pelaksanaan makrab,” tambahnya. (Fikar)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s