Edukasi, Bawa Ekonomi Turki Melejit


Satu pesan menghentak disampaikan oleh Prof.DR. Muhammed Cetin, Member Grand Turkish National Assembly, dalam acara lawatannya ke Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, pada Senin (11/3). Dengan mengusung tema seminar “Turkey’s Economic Development Strategies in the Age of Globalization”, beliau menegaskan bahwa salah satu aktor penting dalam memajukan Ekonomi negara Turki adalah kualitas pendidikan.

“Di Turki, kami menggratiskan seluruh biaya pendidikan. Dan juga, kami memberi masing-masing dari mereka sebuah Ipad.”, tukasnya dalam seminar yang bertempat di ruang seminar AR Fachrudin A tersebut.

Menurutnya, hanya karena edukasi lah Turki bisa melenggang maju di percaturan ekonomi dunia disaat negara-negara lain di kawasan Eropa sedang mengalami masalah finansial. Turki berada tepat satu peringkat di bawah China yang sampai saat ini masih menjadi raja dalam perekonomian dunia. Dengan memoles kualitas pendidikan, maka ilmu pengetahuan dan teknologi akan dengan mudah didapatkan.

Selain itu, tambahnya, berbagai tatanan kehidupan warga negaranya pun telah diatur sedemikian rupa agar bisa membantu menyokong perkembangan Turki. Beberapa diantaranya adalah, transportasi, telekomunikasi dan sistem hukum.

Dengan beberapa aspek diataslah Turki bisa menjadi kekuatan ekonomi baru dunia dan menjadi satu-satunya negara yang mewakili Eropa. Bisa jadi, 5 tahun kedepan, Turki bisa menyalip China untuk menjadi kekuatan ekonomi dunia nomor wahid.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s