Pemimpin Karismatik Venezuela Wafat

Setelah lama berjuang melawan kanker yang dideritanya, Hugo Chavez, Presiden Venezuela akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya pada Selasa (5/3) pukul 16.25 waktu setempat yang diumumkan oleh Wakil Presiden Venezuela Nicolas Maduro. Presiden yang meninggal pada umur 58 tahun ini telah memerintah Venezuela sejak tahun 1999 hingga 2013. Yang tak lepas dari ingatan ialah, pernyatakan bahwa dirinya merupakan sosialis abad-ke21 dan musuh bagi Amerika Serikat.

Meninggalnya presiden yang bernama asli Hugo Rafael Chavez Frias tersebut mendapatkan tanggapan yang beragam dari seluruh penjuru dunia. Sebagian menyatakan berita duka ini sebagai musibah, sementara lainnya menganggapnya sebagai pintu masuk agar negara itu meninggalkan bayang-bayang pemerintahan sosialis Chavez. Terlepas dari berbagai kebijakan kontroversial yang dijalankannya semasa ia menjabat sebagai presiden Venezuela, Hugo Chavez merupakan salah satu sosok pemimpin pemberani dan tegas dalam mengambil setiap keputusan.

Upacara pemakaman kenegaraan Hugo Chavez dilangsungkan pada Jum’at (8/3) di Akademi militer Caracas 15.30 GMT (22.30 WIB). Upacara pemakaman ini dihadiri setidaknya oleh 55 kepala negara termasuk diantaranya Presiden Iran, Mahmud Ahmadinejad dan Presiden Kuba, Raul Castro. Setelah upacara tersebut, jenazah Hugo Chavez tidak akan dimakamkan melainkan akan dibalsem dan dibaringkan di dalam peti kaca. Rencananya, Jenazah akan disemayamkan lagi di “Mountain Barracks”, tempat dimana Hugo Chavez merencanakan kudeta pada 1992 yang gagal, selama 7 hari sehingga rakyat Venzuela dapat melayat. Sebelum dipindahkan ke tempat lainnya seperti dikatakan oleh Nicolas Maduro.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s