UMY Raih Akreditasi A

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berhasil meraih akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Keputusan tersebut tertuang dalam SK BAN PT No 061/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013 yang resmi diterima pada Sabtu 23 Februari 2013. Hal ini merupakan hal yang menggembirakan bagi seluruh civitas UMY, mulai dari staf, dosen hingga mahasiswa.

Ada tujuh komponen utama yang dinilai oleh BAN-PT dalam memberikan akreditasi, yakni visi, misi dan tujuan perguruan tinggi, tata pamong kepemimpinan dan sistem penjaminan mutu, kualitas mahasiswa dan lulusan, serta sumber daya manusia. Komponen berikutnya adalah pembelajaran dan kurikulum, pembiayaan, sarana dan prasarana, serta penelitian, pengabdian masyarakat dan kerja sama. Akreditasi A ini menunjukkan bahwa UMY merupakan universitas yang berkualitas di berbagai aspek dalam perjalanannya.

Tidak hanya itu, UMY kembali menuang prestasi yang luar biasa karena berhasil mendapatkan gelar sebagai PTS terbaik di Jateng dan DIY. Adapun penilaian yang dilakukan oleh Webometrics ini ditujukan untuk seluruh universitas pada tahun 2013 yang terdiri dari empat komponen utama, yaitu Presence Rank, Impact Rank, Openness Rank dan Excellence Rank. Presence Rank terkait dengan jumlah halaman dalam website, Impact Rank adalah jumlah link yang masuk, Openness Rank yaitu jumlah karya ilmiah, dan Excellence Rank adalah jumlah jurnal internasional.
Prestasi-prestasi yang didapat ini merupakan batu loncatan bagi peningkatan mutu pendidikan UMY untuk ke depannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s