Mahasiswa Hubungan Internasional UMY Tukar Ide Tentang Demokrasi

Sebagai negara yang menganut demokrasi dalam ideologi pemerintahannya, sudah selayaknya Indonesia memberikan pemahaman yang lebih kepada masyarakatnya. Nilai-nilai yang terkandung dalam demokrasi atau biasa disebut democratic principles perlu dimengerti agar tepat guna.

Hal itulah yg menjadi misi dari Kementerian Luar Negeri Indonesia bagian Diplomasi Publik. Lewat acara bertajuk “Sosialisasi Diplomasi Publik dan Simulasi Sidang Bali Democracy Forum”, Kemenlu mencoba memaparkan informasi berupa demokrasi yg terjadi di Indonesia melalui salah satu produknya yakni “Bali Democracy Forum”.

“Acara ini merupakan realisasi dari misi Ditjen Diplomasi Publik untuk memperkenalkan produk kami dalam penerapan demokrasi berupa Bali Democracy Forum”, ujar Ari Wardana, perwakilan dari Kemenlu Ditjen Diplomasi Publik ketika ditemui di sela-sela acara pada (4/4). “Di harapkan pada acara ini kami dari kemenlu mendapatkan ide baru dari Mahasiswa HI tentang penerapan demokrasi sebagai personal yang masih dekat dengan teori HI”, tambahnya.

Dalam acara ini, jurusan Hub Internasional UMY diwakili oleh 6 orang yaitu Atina Rosydiana, Aditya Maulana Hasymi, Bella Rosaily, Ahmad Jawwad, Aspin Nur Rivai dan Auditia Rizkiah. Dalam simulasi Sidang Bali Demokrasi Forum yang terbagi ke dalam 2 kelompok, UMY berperan sebagai representatif dari South Korea dan Turkey. Dalam acara yang di gelar sehari (4/4) dan bertempat di Grand Candi Hotel Semarang ini, BDF diikuti oleh mahasiswa Hub Internasional koorwil IV ( se Jateng-DIY ), delegasi HI UMY sukses membawa gelar Best Delegates, Best Position Paper dan Best Opening Statement pada sesi simulasi Sidang Bali Democracy Forum.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s