KULIAH UMUM: KUNCI KESUKSESAN KOREA OLEH PROF. YANG SEUNG-YOON

Kegiatan kuliah umum dimulai pukul 14.00 WIB (23/4) dan bertempat di Ruang Simulasi Sidang Ilmu Hubungan Internasional, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Budaya korea sangat mendunia, alasannya adalah hampir semua muda-mudi Korea itu cantik dan ganteng. Alasan kedua karena dalam semua drama korea, dengan tujuan baik maupun tidak baik, banyak yang mengejar akhir dari drama tersebut, akibatnya banyak yang menyukai budaya korea.
Dalam kuliah umumnya, beliau menyampaikan 5 kunci sukses orang korea hingga saat ini.
Kunci Sukses Korea
  1. Kepemimpinan politik,yang mulai diterapkan oleh Presiden Republik Korea Selatan yang pertama, yakni Presiden Lee Syngnam (1875-1965).
  2. Sifat orang korea yang bersatu padu di masa kritis, atau yang disebut Wigi (Wi = Waktu darurat ; Gi = Kesempatan Baru), contohnya krisis keuangan Internasional pada akhir 1997. Berbeda dengan Indonesia, Korea tidak punya banyak pilihan. Hanya antara hidup dan mati.
  3.  Semangat keras untuk mengembangkan dan memajukan perusahaannya. Untuk mengembangkan dan memajukan negara dan bangsa, sebagian besar perusahaan berfungsi sebagai mesin yang secara aktif menjalankan roda perekonomian nasionalnya masing-masing. Sehingga, pemilik perusahaan diharuskan untuk memiliki semangat yang tinggi untuk mengembangkan dan memajukan perusahaannya.
  4. Can do Spiritatau semangat dan tekad untuk mewujudkan merupakan alasan kesuksesan Korea, dimana orang Korea benar-benar memiliki semangat dan tekad yang kuat untuk mewujudkan sesuatu dengan sumber daya ekonomi yang terbatas.
  5.   Adanya penanaman modal untuk mengembangkan teknologi dalam rangka memperkuat daya saing nasional. Kini jumlah modal di bidang Research and Development mencatat urutan ke-5 di dunia. Saat ini pemuda Korea yang memiliki kemampuan tinggi, berkumpul di bidang penelitian, pengembangan, serta teknologi dan ilmu pengetahuan. PT. Samsung Elektronik sendiri memiliki tenaga penelitian dan pengembangan lebih dari 5.000 orang.


Presentasi dari narasumber sangat menarik, sehingga peserta kuliah umum sangat menikmati kuliah umum kali ini. Beliau juga membuka sesi tanya-jawab seputar masalah kunci sukses Korea. Yang menariknya lagi, presentasi beliau yang sederhana ini menjadi spesial dan berkesan karena beliau menarikan Gangnam Style dihadapan para peserta kuliah umum, sehingga peserta kuliah umum sangat menikmati kuliah beliau yang dimulai sejak pukul 14.00 wib ini.
Diwawancarai setelah kuliah umum, apakah kunci sukses Korea dapat diterapkan di Indonesia? Beliau menjawab “ketika saya sedang berada di Australia, mengikuti seminar yang dilaksanakan oleh National University of Korea, dan Australia National University, Presiden Australia mengatakan bahwa, jika saya Presiden Indonesia, maka Indonesia adalah negara maju nomor 1 di dunia jika menerapkan sistem kunci sukses korea ini”.
“Indonesia bisa sukses, jika benar-benar memanfaatkan sumber daya yang sangat banyak ini. Muda-mudi Indonesia harus punya semangat yang tinggi dalam bekerja, dengan dipimpin oleh pemimpin yang baik, maka Indonesia dapat menjadi negara maju nomor 1 di dunia”tambah beliau.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s