Asyiknya Malam Keakraban Bersama Mahasiswa Baru UMY 2013


Malam keakraban (Makrab) yang diselenggarakan oleh Korps Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KOMAHI UMY) pada 7-8 September 2013 lalu berakhir dengan sukses dan lancar. Acara yang dikomandoi oleh Zainal Abidin Syah Alam Salampessy atau yang akrab disapa Enal ini mendapat perhatian  yang luar biasa dari para mahasiswa baru Hubungan Internasional UMY.
Malam Keakraban tersebut merupakan kelanjutan dari acara sebelumnya, yakni Masa Ta’aruf (Mataf) yang dilaksanakan pada 3 hingga 4 September 2013. Makrab ini dilaksanakan untuk memberi kesempatan bagi mahasiswa baru untuk lebih  mengakrabkan diri satu sama lain. “Dalam acara Mataf, mereka menjadi kenal satu sama lain sebagai teman, dan menjadi keluarga ketika masuk dalam acara ini,” kata Enal saat dijumpai dilokasi Makrab yang bertempat di Wisma Kaliurang, Yogyakarta, Minggu (8/9).
Pada pagi harinya, para mahasiswa baru HI UMY 2013 berkumpul di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sembari menunggu Bus yang akan membawa peserta menuju lokasi makrab. Setibanya di lokasi, peserta disuguhkan dengan berbagai macam kegiatan yang telah disiapkan oleh tim Acara. Pada hari pertama, Mahasiswa Baru HI UMY 2013 diperkenalkan dengan Jurusan Hubungan Internasional oleh M. Faris Alfadh, MA selaku perwakilan dari jurusan, serta pengenalan International Program For International Relations (IPIREL) oleh Dian Azmawati selaku pengurus IPIREL. Tak lupa, dalam sesi tersebut juga dilakukan pengenalan pengurus KOMAHI kepada Mahasiswa Baru HI UMY.
Makrab ini juga dimaksudkan untuk memilih ketua angkatan HI UMY 2013yang kemudian dipilih dengan menggunakan sistem Vote. “Berbagai Games dan kegiatan yang telah disiapkan diharapkan dapat menambah kedekatan diantara mereka,” kata Arif Kurnia Aryanto selaku sekretaris Mataf dan Makrab HI 2013.
Arif mengatakan, bahwa makrab digelar untuk mendekatkan mahasiswa satu sama lain, terlebih mereka yang semula berasal dari daerah berbeda, yang tentunya memiliki adat dan kebiasaan berbeda, suku yang berbeda, dan kini mereka akan menjadi satu dalam sebuah keluarga yang baru di HI UMY. “sehingga diharapkan dengan adanya Makrab HI ini mereka dapat menyatu menjadi satu kesatuan baru di HI UMY ini” pungkasnya. Hal senada juga dikatakan Enal, bahwa acara makrab ini adalah sebuah proses untuk saling menghargai dan menghormati satu sama lain sehingga terwujudlah sebuah keluarga baru HI UMY.
Dengan adanya Makrab Mahasiswa Baru HI UMY 2013, diharapkan dapat menambah kesolidan angkatan 2013 sehingga dapat saling menghormati dan menghargai sesama, serta mendorong mahasiswa untuk menjadi individu yang berkualitas dunia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s