211 Mahasiswa Mengikuti Seleksi Penerimaan Pengurus KOMAHI UMY

(21/10) Tepat pukul 08.00 WIB antrian panjang mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta memadati lorong di depan ruang E.4.1.2. Apa yang sedang mereka lakukan? Ternyata mereka sedang mengantri untuk mengikuti rangkaian tes Open Recruitment Korps Mahasiswa Hubungan Internasional atau biasa kita kenal dengan sebutan OPREC KOMAHI. Mereka terdiri dari mahasiswa angkatan 2012 dan didominasi oleh angkatan 2013. Terlihat jelas antusiasme mereka semua dengan hadir sebelum waktu yang ditentukan sehingga antrian yang mereka buat sangat panjang.
Peserta Oprec KOMAHI tahun ini lebih banyak dari tahun lalu. Sebanyak 211 mahasiswa mengikuti tes tertulis dan wawancara dengan lengkap dari jumlah formulir yang dikembalikan yaitu 258. Maka ada 47 orang yang hanya mengembalikan formulir, tetapi tidak mengikuti tes tertulis dan wawancara

Rangkaian tes Oprec KOMAHI ini terdiri dari 3 tahap. Tahap pertama yaitu pengisian formulir beserta 2 foto yang dikumpulkan pada malam Open House, 18 Oktober kemarin. Tahap kedua adalah mengikuti tes tertulis di ruang E.4.1.2 yang dimulai tepat pada pukul 08.00 WIB dan berakhir pada pukul 16.00 WIB. Setelah para peserta mengikuti tes tertulis, mereka dapat melanjutkan tes interview yang bertempat di ruang sidang FISIPOL yang selesai pada pukul 16.25 WIB. “First come, first serve”, itulah yang dikatakan oleh para pengurus KOMAHI. Bukan peserta yang mempunyai nomor urut pertama yang akan dilayani, tetapi yang hadir pertama dialah yang akan pertama kali dilayani.
Banyak kesan dan pesan dari para peserta Oprec KOMAHI mengenai tes yang telah mereka lewati. “Subhanallah, sesuatu banget interviewnya”, ujar Mutiara Fitri Nurrahma (mahasiswa HI 2013). Ia menghafalkan negara-negara di dalam peta bersama temannya beberapa menit sebelum mengikuti tes tertulis Oprec KOMAHI. Menurutnya tes tertulis Oprec ini sangat susah kalau tidak belajar sebelumnya.
“Interviewnya seru, kak Fatah rame banget. Anak-anak KOMAHI baik-baik deh pokoknya”, ulas Intan Chaliza (mahasiswa HI 2013) sesaat setelah ia keluar dari ruangan Sidang FISIPOL. Dan ia pun mengatakan hal yang sama seperti temannya, Mutiara bahwa soalnya susah jika tidak belajar sebelumnya.
Tetapi menurut Indah Gitaningrum (mahasiswa HI 2012), soal dari tes tertulis Oprec KOMAHI terhitung standar. Ia pun mengerti dengan maksud dari pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan pengurus KOMAHI saat sesi interview.
Soal-soal yang diberikan kepada peserta Oprec KOMAHI dirancang sesuai dengan pengetahuan rata-rata yang dimiliki oleh para peserta Oprec, jadi permasalahan susah atau tidak itu tergantung dengan pengetahuan masing-masing peserta sendiri.
Badan Pengurus (BP) Oprec KOMAHI berkomentar bahwa rata-rata jawaban yang bagus adalah dari angkatan 2012. Tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa jawaban angkatan 2013 pun banyak yang berkualitas dan benar. Maka angkatan 2012 tidak bisa menganggap remeh adik mereka dalam Oprec KOMAHI ini.
Setelah mereka semua mengikuti tahap Oprec KOMAHI pada 21 Oktober 2013, pengumuman siapa saja yang akan lolos ke tahap selanjutnya akan diumumkan pada 22 Oktober 2013. (Sarah)

One thought on “211 Mahasiswa Mengikuti Seleksi Penerimaan Pengurus KOMAHI UMY”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s