Minat Penelitian Mahasiswa Menurun

Perguruan Tinggi banyak dipandang oleh masyarakat sebagai salah satu pusat pengembangan intelektualitas. Intelektualitas mahasiswa tersebut dapat ditunjukkan dengan berbagai prestasi akademik yang ditorehkan. Misalnya dalam bidang penelitian. Sayangnya, minat mahasiswa dalam melakukan penelitian saat ini cenderung menurun.

Demikian disampaikan Adde Marup Wirasenjaya SIP, M.Si, Dosen Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (HI UMY) sangat mengisi Diklat Penelitian 2011 yang diadakan Korps Mahasiswa Hubungan Internasional (KOMAHI) UMY, Kamis (10/2) di Kampus Terpadu UMY.

Menurut Adde, banyak mahasiswa yang menganggap riset sebagai sebuah kemewahan akademik yang hanya dapat dilakukan oleh orang tertentu saja. Padahal, tidak sedikit kompetisi mahasiswa pada bidang penelitian. “Contohnya Pemikiran Kritis Mahasiswa (PKM) yang diadakan pemerintah. Jangankan meneliti, sangat sedikit mahasiswa yang hobi menulis” tambahnya.

Minimnya fasilitas yang mendukung menurut Adde menjadi salah satu penyebab tidak berkembangnya minat mahasiswa tersebut. Di kampus-kampus Jogja, sangat jarang ditemukan komunitas-komunitas studi yang dibentuk mahasiswa. “Apalagi kelompok penelitian, mahasiswa kini lebih senang membentuk komunitas-komunitas hobi,” terang Adde.

Dalam kegiatan itu, Adde memaparkan kiat dalam mengembangkan ide-ide penelitian. Menurutnya, mahasiswa saat ini cenderung terperangkap dalam memilih topik penelitian. Dalam memilih topik skripsi misalnya, kebanyakan mahasiswa memilih untuk meneliti isu-isu baru karena menurut mereka belum ada yang menulis topik itu.

“Padahal jumlah isu mutakhir tentunya tidak sebanding dengan jumlah mahasiswa yang menulis skripsi. Topik-topik lama juga masih layak untuk diteliti. Banyak perspektif yang dapat digunakan untuk melihat satu permasalahan”, jelasnya.

Ketua Panitia, Binar Prastya Muflihaty menjelaskan, Diklat Penelitian memang diadakan sebagai sarana untuk mengantar mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan meneliti. “Menjadi pekerjaan kita bersama untuk membangun kualitas penelitian pada mahasiswa.”ujarnya.

Selanjutnya Binar mengharapkan, kegiatan ini bisa menjadi awal penumbuhan rasa kecintaan terhadap penelitian. Menurutnya, KOMAHI UMY memang berencana mengadakan berbagai kegiatan dalam bidang penelitian. “Selain diklat, kami akan mengadakan pelatihan menulis skripsi, kompetisi penelitian HI, dan acara untuk menumbuhkan minat mahasiswa di bidang ini.”katanya.

sumber : http://www.umy.ac.id/minat-penelitian-mahasiswa-menurun.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s